Artikel Terbaru dari Tunardy.com

Posted by Orange Game 2011-04-28

Artikel Terbaru dari Tunardy.com


Pengaturan Twitter – Mobile

Posted: 15 Apr 2011 12:06 AM PDT

Artikel ini adalah bagian dari rangkaian artikel Pengaturan Twitter. Twitter memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan tweeps lainnya melalui SMS. Melalui layanan Twitter SMS, Anda dapat mengirim tweet, menerima tweet dan direct message melalui SMS. Untuk itu silahkan login ke akun Twitter Anda, lalu kunjungi http://twitter.com/devices. Nantinya Anda akan mendapatkan tampilan seperti ini:

Pilih Indonesia pada bagian Country/region, lalu masukkan nomor handphone Anda (tanpa diawali dengan angka 0. Jika nomor HP Anda 08123456789 maka kolom ini diisi dengan 8123456789). Selanjutnya pada bagian Choose your carrier pilih operator seluler Anda. Lalu klik start.

Selanjutnya Twitter akan meminta Anda untuk mengirimkan SMS ke nomor tertentu. Silahkan kirimkan SMS tersebut. Jika proses ini berhasil, maka Anda akan mendapatkan tampilan seperti ini:

Adapun penjelasan dari tiap bagian tersebut adalah:

Let others find me by my phone number
Beri tanda centang bila Anda ingin agar orang lain dapat menemukan Anda dengan cara memasukkan nomor HP Anda ke kotak pencarian.

Tweets from people you’ve enabled for mobile notifications
Tanda centang pada bagian ini berarti Anda ingin menerima Tweet dari orang-orang tertentu yang telah Anda follow melalui SMS.

Direct messages
Beri tanda centang pada bagian ini bila Anda ingin menerima direct message melalui SMS.

Mentions and replies
Beri tanda centang bila Anda ingin menerima mention dan reply melalui SMS. Ada dua pilihan yang tersedia, yaitu Only from people I follow yang berarti hanya dari orang-orang yang telah Anda follow atau dari semua orang (From anyone).

PIN
Kalau Anda khawatir ada orang iseng yang mengutak-atik HP Anda lalu mengtweet sesuatu melalui SMS tanpa izin dari Anda, silahkan isi kotak PIN. Sehingga untuk mengirim Tweet melalui SMS, Anda harus mengetik pin, lalu diikuti dengan perintah, dan isi tweet/pesan.

Turn off updates during these hours
Kecuali HP Anda dalam mode hening, maka ketika orang yang Anda follow mengirim tweet, HP Anda akan berdering. Hal ini dapat mengganggu istirahat Anda. oleh karena itu Twitter menawarkan untuk menonaktifkan pengiriman Tweet pada jam tertentu. Anda dapat mengaktifkan pilihan ini, lalu memilih rentang waktu istirahat Anda. Waktu yang dimaksud adalah sesuai dengan zona waktu yang Anda tentukan di pengaturan Account.

Setelah Anda selesai melakukan pengaturan, silahkan klik Save.

Sumber artikel: Catatan Wibowo Tunardy


Pengaturan Twitter – Password

Posted: 14 Apr 2011 11:19 PM PDT

Artikel ini adalah bagian dari rangkaian artikel Pengaturan Twitter. Pada bagian ini Anda dapat merubah password Twitter Anda. Untuk itu silahkan login ke akun Twitter Anda, lalu kunjungi http://twitter.com/settings/password. Nantinya Anda akan mendapatkan tampilan seperti ini:

Melakukan perubahan password Twitter sangat sederhana. Anda hanya perlu memasukkan password Anda yang lama di isian Current Password, lalu masukkan password yang baru di New Password dan Verify New Password. Lalu klik Save Change. Seperti biasa, password yang baik minimal terdiri dari 8 karakter yang berisi kombinasi huruf kapital, huruf kecil, simbol dan angka.

Jika Anda lupa password yang lama, silahkan klik Forgot your password? atau kunjungi http://twitter.com/account/resend_password Nantinya Anda akan mendapatkan tampilan seperti ini:

Silahkan lengkapi isian pertama dengan alamat email atau username Twitter Anda, lalu isian kedua diisi dengan dua frase yang terdapat di gambar. Setelah itu klik Send Instruction, lalu ikuti instruksi atau lengkapi pertanyaan yang diminta oleh Twitter.

Sumber artikel: Catatan Wibowo Tunardy


Pengaturan Twitter – Account

Posted: 12 Apr 2011 07:36 PM PDT

Artikel ini adalah bagian dari rangkaian artikel Pengaturan Twitter. Pada bagian ini Anda dapat melakukan pengaturan dasar untuk akun Anda, termasuk bahasa dan privasi. Untuk melakukan pengaturan Account, silahkan login ke akun Twitter Anda, lalu kunjungi http://twitter.com/settings/account. Nantinya Anda akan mendapatkan tampilan seperti ini:

Berikut ini adalah penjelasan dari tiap bagian:

Name
Name adalah nama Anda yang akan tampil di bagian biodata. Anda dapat mengubah bagian ini melalui pengaturan Profile.

Username
Username digunakan setiap kali Anda berkomunikasi dengan tweeps lainnya. Sehingga ketika Anda ingin menyapa tweeps lainnya, Anda cukup mengetikkan @ lalu diikuti dengan username orang tersebut (misalnya @tunardy). username juga menjadi bagian dari URL profil Anda (misalnya http://twitter.com/tunardy). Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah username adalah unik. Tidak ada dua orang yang memiliki username yang sama. Sehingga ada kemungkinan username Anda telah diambil oleh orang lain. Silahkan baca artikel Tips Memilih Username Twitter untuk mengetahui seperti apa username yang baik.

Email
Berisikan alamat email Anda. Nantinya Twitter akan mengirim informasi ke alamat email tersebut. Informasi yang akan dikirimkan berupa fitur baru, follower Anda dan direct message. Jika Anda mencentang “Let others find me by email address”, maka teman Anda dapat menemukan Anda dengan cara mengetikkan alamat email Anda di kotak pencarian.

Language
Adalah pengaturan bahasa yang digunakan di Twitter. Saat ini Twitter dengan Bahasa Indonesia masih dalam tahap pengembangan. Sehingga untuk sementara Anda dapat memilih English.

Time Zone
Ini bukan wahana permainan di mall :) . Tapi Zona waktu yang Anda gunakan. Zona waktu bermanfaat ketika Anda ingin mengetahui kapan seseorang mengirim tweetnya. Pilihannya sederhana. +7 untuk Indonesia Barat, +8 untuk Indonesia Tengah, dan + 9 untuk Indonesia timur.

Tweet Location
Berfungsi untuk menampilkan lokasi di mana Anda mengirim suatu tweet.

Tweet Media
Berfungsi untuk menampilkan gambar dan video yang ditweet oleh semua orang,

Tweet Privacy
Berfungsi untuk menyembunyikan tweet Anda dari orang-orang yang bukan follower Anda. Selain itu, seseorang yang ingin memfollow Anda juga harus mendapatkan izin dari Anda.

HTTPS Only
Berfungsi untuk mengaktifkan fungsi keamanan yang akan mengenkripsi data yang Anda kirim dan terima ke dan dari server Twitter.

Sumber artikel: Catatan Wibowo Tunardy


Melakukan Pengaturan pada Akun Twitter

Posted: 31 Mar 2011 06:11 PM PDT

Setelah Anda selesai melakukan pendaftaran, Twitter akan meminta Anda untuk memfollow para pengguna Twitter yang memiliki minat yang sama dengan Anda dan memfollow orang-orang yang ada di kontak alamat email Anda. Sangat disarankan untuk terlebih dahulu melakukan pengaturan pada akun Twitter sebelum Anda mulai memfollow teman-teman Anda. Karena tanpa melakukan pengaturan akun, profil Twitter Anda akan tampak polos. Orang-orang yang Anda follow tidak mendapat gambaran yang jelas mengenai siapa pemilik akun tersebut. Sehingga sangat kecil kemungkinan bagi mereka untuk memfollow balik Anda.

Oleh karena itu, sebelum memfollow teman Anda, pastikan Anda telah melakukan pengaturan akun, agar mereka yang Anda follow dapat mengenal Anda melalui pengaturan yang telah Anda lakukan dan memfollow balik Anda. Pengaturan akun Twitter terbagi ke dalam beberapa bagian. Di artikel ini saya akan menjelaskan fungsi tiap bagian tersebut. Sedangkan cara melakukan pengaturan untuk tiap bagian akan dijelaskan pada artikel-artikel selanjutnya.

Anda dapat mengakses halaman pengaturan dengan cara mengklik username Anda yang terdapat di sudut kanan atas, lalu pilih Settings. Untuk lebih mudahnya, silahkan kunjungi link berikut: http://twitter.com/settings/account

Halaman pengaturan akun ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

Account
Di halaman ini Anda akan menemukan berbagai pengaturan pokok, seperti username, email, bahasa, zona waktu, dan lain-lain. Baca selengkapnya

Password
Di halaman ini Anda dapat melakukan perubahan terhadap password yang digunakan untuk login.

Mobile
Di halaman ini Anda dapat melakukan pengaturan untuk menerima dan mengirim tweet melalui SMS

Notifications
Merupakan halaman pengaturan untuk berbagai informasi yang akan Anda terima melalui email.

Profile
Halaman ini berkaitan dengan profil Anda yang akan ditampilkan di halaman profil, seperti foto, nama lengkap, lokasi, situs web dan biodata.

Design
Di halaman ini Anda akan menemukan pengaturan untuk merubah tampilan halaman Twitter Anda.

Connections
Pada awalnya halaman ini tidak tersedia. Jadi jangan kuatir bila Anda tidak menemukannya. Di halaman ini Anda dapat mengatur aplikasi apa saja yang dapat mengakses informasi Anda, menerima tweet dan mengirim tweet untuk Anda.

Sumber artikel: Catatan Wibowo Tunardy


Tips Memilih Username Twitter

Posted: 30 Mar 2011 11:25 PM PDT

Pada saat mendaftar di Twitter, Twitter akan menanyakan fullname/nama lengkap dan username. Perbedaan di antara keduanya adalah fullname akan ditampilkan di bagian biodata. Sedangkan username digunakan untuk login dan akan menjadi bagian dari URL profil kita, misalnya http://twitter.com/tunardy. Para pengguna Twitter saling menyapa dengan tambahan @ didepan username masing-masing. Jadi di Twitter Anda dapat menyapa saya dengan @tunardy. Jika kita perhatikan dengan seksama, maka fungsi @ adalah untuk menggantikan http://twitter/ pada URL profil Anda. Sehingga bila Anda mengklik @tunardy, maka Anda akan diarahkan ke halaman profil saya.

Meskipun username dapat diubah, namun Anda harus memikirkan username yang Anda gunakan dengan bijak. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih username di Twitter:

Menggambarkan siapa Anda
Di Twitter, Anda adalah username Anda. Orang-orang akan menyapa Anda dengan menggunakan username Anda, bukan dengan full name. Sehingga pastikan bahwa username yang Anda miliki mampu menggambarkan siapa pemiliknya. Jika Anda menggunakan Twitter untuk keperluan pribadi, maka username yang baik adalah nama depan Anda. Sedangkan bila Twitter digunakan untuk bisnis, maka username yang baik adalah nama perusahaan, nama produk atau nama jasa Anda. Lalu untuk mempromosikan website Anda, maka username yang baik adalah nama domain Anda.

Singkat
Panjang username yang diperbolehkan adalah 15 karakter. Namun Anda harus mengingat bahwa panjang tweet yang diperbolehkan sangat terbatas, hanya 140 karakter. Sehingga jika Anda memanfaatkan semua karakter yang diperbolehkan, maka jumlah karakter yang tersisa bagi orang yang ingin menyapa Anda hanya 114 karakter.

Mudah diingat
Singkat saja tidak cukup. Username Anda juga harus mudah diingat. Hati-hati dengan ejaan yang mirip. Misalnya @pasmantab dengan @pasmantap. Atau @antv dengan @anteve. Username yang sulit untuk diingat akan membuat Anda sulit ditemukan oleh teman Anda dan mereka akan menjadi malas untuk menyapa Anda karena mereka lupa username Anda.

Mudah diketik
Meskipun Twitter memperbolehkan Anda untuk menggunakan huruf kapital, huruf kecil dan garis bawah (_) pada username Anda, namun Anda harus memperhatikan bahwa mayoritas pengguna Twitter menggunakan HP. Bayangkan betapa susahnya untuk mengetikkan @4l4y ! Anda juga harus memperhatikan bahwa sebagian besar pengguna HP akan kesulitan dalam mengetikkan garis bawah (_). Sehingga meskipun karakter ini diperbolehkan, namun alangkah bijak bila Anda tidak menjadikannya sebagai bagian dari username Anda.

Catatan:
Bagi Anda yang telah memiliki ratusan follower dan ingin mengubah username, segera setelah Anda melakukan perubahan username, buatlah akun Twitter baru dengan username Anda yang lama. Lalu di bagian biodata berikan keterangan mengenai username Anda yang baru. Selain itu juga sangat disarankan untuk mentweet informasi bahwa username Anda telah berubah.

Sumber artikel: Catatan Wibowo Tunardy


Cara Mendaftar Twitter

Posted: 29 Mar 2011 10:00 PM PDT

Mengetahui manfaat menggunakan Twitter saja tidak cukup. Akan lebih baik lagi bila kita memiliki akun di Twitter. Berikut ini adalah cara mendaftar di Twitter:

Silahkan kunjungi URL berikut: https://twitter.com/signup

Selanjutnya Anda akan menemukan formulir seperti ini:

Silahkan lengkapi formulir tersebut dengan informasi yang Anda inginkan. Berikut ini penjelasan dari tiap isian:

Full name
Full name adalah nama lengkap Anda. Informasi ini akan ditampilkan pada bagian biografi Anda. Jumlah karakter yang diperbolehkan adalah 20 karakter dan semua karakter yang terdapat di keyboard bisa digunakan untuk mengisi full name.

Username
Menurut saya username jauh lebih penting dibanding full name. Karena di dunia Twitter, Anda adalah username Anda. Username digunakan untuk login dan menjadi bagian dari url profil Anda ( http://twitter.com/username_anda ). Pengguna Twitter yang lain akan menyebut atau menyapa Anda dengan menggunakan username Anda, bukan dengan full name Anda. Jadi pikirkan baik-baik username yang Anda gunakan. (Baca juga Tips Memilih Username Twitter)

Password
Password adalah sebuah kata sandi yang bersifat rahasia yang digunakan untuk masuk ke akun Twitter Anda. Pastikan kata sandi tersebut terdiri dari sekurang-kurangnya 6 karakter dan mengandung huruf, angka dan simbol.

Email
Bagian ini diisi dengan alamat surat elektronik yang Anda miliki. Oleh karena itu, pastikan Anda telah memiliki sebuah alamat surat elektronik sebelum mendaftar di twitter. Anda dapat membuat alamat surat elektronik gratis di mail.yahoo.com atau di mail.google.com.

Bila Anda memberi tanda pada pilihan Let others find me by my email address, berarti Anda mengizinkan orang lain untuk menemukan Anda dengan cara mencari alamat email Anda di Twitter. Sebaiknya tanda ini dibiarkan aktif.

Pilihan I want the inside scoop berarti Anda mengizinkan Twitter untuk mengirimkan informasi seputar layanan mereka ke alamat email Anda. Pilihan ini juga lebih baik diaktifkan.

Terms of Service adalah kesepakatan yang harus Anda setujui dalam menggunakan layanan Twitter. Bila Anda setuju dengan kesepakatan tersebut, silahkan klik Create my account.

Selanjutnya Twitter akan mengirimkan sebuah email ke alamat email Anda. Silahkan cek kotak masuk email Anda, lalu buka email dari Twitter dan klik link konfirmasi yang terdapat di email tersebut.

Anda telah berhasil membuat akun Twitter. Selanjutnya Twitter akan meminta Anda untuk memfollow orang-orang berdasarkan minat Anda dan mengimport teman dari alamat email Anda. Sebaiknya tahap ini dilangkahi dulu. Sebelum berhubungan dengan orang lain, ada baiknya jika kita terlebih dahulu mempercantik profil Twitter yang kita miliki.

Sumber artikel: Catatan Wibowo Tunardy


Manfaat Menggunakan Twitter

Posted: 19 Mar 2011 02:21 AM PDT

Sebenarnya baru beberapa minggu terakhir saya aktif di Twitter. Sebelumnya saya lebih sering menggunakan Facebook. Hal ini tak lepas dari sebuah riset yang mengatakan bahwa terlalu sering menggunakan Twitter dapat membuat seseorang menjadi bodoh. Karena tak ingin menjadi bodoh, maka sebisa mungkin saya menghindari social media yang satu ini.

Namun kemudian saya menyadari bahwa Twitter menyimpan sebuah potensi yang sangat besar yang sayang untuk disia-siakan begitu saja. Twitter sendiri merupakan sebuah perpaduan antara SMS dan internet yang menawarkan cara yang sederhana, seketika dan fleksibel. Dikatakan sederhana karena menggunakan layanan Twitter sangat mudah, semudah menggunakan SMS. Layanan Twitter juga dapat dikatakan seketika karena dengan menekan sebuah tombol, informasi yang Anda sampaikan langsung disebarluaskan. Selain itu penggunaan Twitter juga sangat fleksibel. Apapun perangkat yang Anda miliki, komputer, laptop, tablet pc, hingga handphone monokrom dapat digunakan untuk berbagi tweet. Ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari Twitter, yaitu:

Media silaturahmi
Dengan memfollow dan difollow oleh keluarga dan teman-teman Anda, Anda dapat dengan mudah berbagi informasi dengan mereka. Keuntungan yang ditawarkan oleh Twitter adalah Anda hanya perlu sekali mengirim suatu informasi, dengan seketika informasi tersebut disampaikan kepada kerabat Anda. Dengan mudah Anda juga dapat mengetahui apa yang dipikirkan oleh kerabat Anda dan mereka sedang berada di mana melalui update yang mereka kirimkan.

Mendapatkan berita terkini
Ada begitu banyak media cetak dan elektronik yang aktif di Twitter (@korantempo, @ssfm100) . Anda dapat memfollow mereka untuk mengetahui berbagai berita terkini. Bukan hanya berita politik dan ekonomi, Anda juga dapat mengetahui kondisi lalu lintas (@tmcpoldametro, @tmcpoldajabar) dan bencana alam (@infogempabmg) yang terjadi di sekitar Anda. Sehingga sebelum sesuatu yang buruk terjadi, Anda sudah dapat melakukan tindakan antisipasi.

Mendapatkan motivasi
Ada banyak motivator baik dalam dan luar negeri yang rutin membagikan kata-kata motivasi di akun twitternya (@tonyrobbins, @johncmaxwell, @tungdw, @nutrisijiwa). Silahkan follow mereka untuk mendapatkan semangat yang baru setiap hari.

Sumber pemecahan masalah
Twitter itu gudangnya orang-orang intelek. Di sana Anda dapat menemukan orang-orang yang ahli di bidangnya masing-masing, dari ahli pemasaran offline (@jamesgwee, @hermawank) hingga pakar pemasaran online (@joelcomm, @problogger) ada di Twitter. Jika Anda menemukan jalan buntu, silahkan mention mereka.

Sumber penghasilan
Ini yang saya suka. Dari ngetweet Anda bisa mendapatkan uang. Ada banyak program pay per tweet baik dalam maupun luar negeri yang bersedia untuk membayar Anda untuk setiap iklan mereka yang Anda tweet. Untuk yang lokal ada @idblognetwork. Saat ini saya dibayar Rp. 150.000,- per tweet yang saya kirimkan melalui @nutrisijiwa. Ingin penghasilan tambahan? Silahkan bergabung di idblognetwork.com.


Kata pencarian untuk artikel ini:

keuntungan twitter, manfaat menggunakan twitter, menggunakan # twitter

Sumber artikel: Catatan Wibowo Tunardy


0 komentar:

Posting Komentar

Search

Twitter updates